Monday, March 31, 2014

Mencegah Asam Lambung


Asam labung sering kali disebabkan oleh labung yang terlalu banyak memproduksi makanan yang mengangdung asam yang dikonsumsi. Salah satu gejala naiknya asam lambung adalah rasa tidak nyaman pada  bagian atas perut atau bagian bawah tulang dada.
Kenaikan asam lambung dalam waktu yang panjang akan menimbulkan masalah kesehatan seperti rusaknya lapisan perut dan juga akan mengakibatkan maag. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa makanan yang dapat dijadikan obat untuk mengatasi kenaikan asam lambaung.



Jahe
Jahe mempunyai sifat anti inflasi sehingga jahe sangat efektif mengatasi gangguan pencernaan seperti asam lambung berlebih. Anda dapat meminum jahe pada saat perut Anda tidak nyaman.

Susu
Kalsium dalam susu sangat tinggi sehingga dapat menetralkan asam lambung yang berlebih. Bila Anda menagalami masalah ini Anda sebaiknya minum susu untuk menetralisir asam lambung yang berlebih.

Cuka sari apel
Cuka sari apel efektif untuk mengatasi asam lambung di perut. Hal ini karena dalam cuka apel mengandung asam sehat dan enzim yang dapat membantu menetralkan asam lambung.

Teh chamomile
Teh chamomile merupakan salam satu teh herbal yang dapat dijdikan sebagai obat untuk mengatasi asam lambung. Mengonsumsi secangkir teh chamomile hangat baik sebagai pencegahan dari penyakit ini.

Selain makanan, bagi yang terkena asam lambung juga dapat mengatasi asam dengan cara sebagai brikut :

1. Tidur menyamping
Untuk mengatasi asam lambung Anda dapat tidur menyamping kanan (sunah rasul). Anda jangan melakukan tidur terlungkap, karena akan memperburuk asam lambung (larangan).

2. Makan dalam potongan kecil
Makanlah dalam potongan kecil. Karena jika Anda makan dalam potongan besar malah dapat memperburuk asam lambung.

3. Mengunyah permen karet
Permen karet dapat meringankan sakit maag dan memperbanyak produksi air liur. Sifat alkali dalam air liur membantu menetralkan asam yang berlebihan di lambung.

4. Minum herbal
Minuman herbal, seperti kunyit, dapat membantu menciptakan lapisan di sepanjang esofagus, yang pada dasarnya dapat melindungi dari kenaikan asam di lambung.

5. Mengenakan pakaian longgar
Pakaian yang ketat akan memicu naiknya asam lambung. Maka sebaiknya gunakanlah pakaian yang longgar.

6. Berdiri tegap
Memperbaiki postur tubuh agar tetap tegap. Kebiasaan buruk, seperti berbaring setelah makan, membuat asam lambung naik. Maka, berdirilah yang tegap untuk membantu mendorong makanan menuju ke perut.

Sekian tips dari saya tentang bagaimana cara mengatasi asam lambung yang berlebihan. Terima kasih.

Ditulis Oleh : Unknown // 5:12 AM
Kategori:

0 komentar: