Thursday, March 20, 2014

Tari Salepok

Percaya atau tidak kota nganjuk kota yang kaya akan budaya dan berbagai tempat wisatanya, budaya yang terkenal dari nganjuk adalah seni tarinya. Salah satu tari yang disukai banyak orang adalah tari Salepok.

Tari salepok ini sebenarnya sudah lahir sejak indonesia masih dalam penjajahan belanda yang ciptakan oleh pengamen yang bernama salepok, dan ini adalah pekerjaan setiap harinya, berkeliling kampung untuk menghibur semua masyarakat dengan bermodalkan gendang untuk mengiringinya menari. Orang-orang sangat menyukai hiburan yang diberikan oleh Salipuk, banyak orang yang mengundangnya untuk menarikan tariannya.

Tari salepok ini berasal dari kecamatan Baron, Nganjuk.tari salepok ini di perankan berpasangan laki laki dan perempuan. Tari Salipuk adalah Tari Tayub yang dikembangkan yang sebelumnya sudah ada di Nganjuk. Seni tari ini menonjolkan keindahan dan kelembutan para penari dalam setiap gerakan yang di tampilkan. Tari ini cocok di perankan oleh semua kalangan, tapi yang sangat cocok untuk menampilkan tari salepok ini adalah anak SMA. Karena tari salepok ini bertemakan pergaulan dan percintaan antara sepasang kekasih.


Kostum yang di pakai dalam menarikan tari salepok adalah memakai baju kemben, memakai sempur, dan make-upnya alisnya dibentuk mangot dan pengot, memberi celak, memberi bayangan mata, memberi pemerah pipi, memberi aisedo, memberi pemerah bibir, diatas kemben memakai lulur, memakai sanggul tengkuk, membawa sintingan mawar di kepala masing-masing 2 buah, menggunakan perhiasan dan aksesoris khas lainnya, agar penari perempuan wajahnya terlihat fresh.

Ditulis Oleh : Unknown // 11:42 PM
Kategori:

0 komentar: