Thursday, November 14, 2013

Monumen Dr Soetomo Di Kabupaten Nganjuk

Monumen dr. Soetomo yang terletak didesa Ngepeh, Kec. Loceret Kab. Nganjuk. Ditempat ini dr. Soetomo dipatungkan dalam posisi duduk di kursi, tangannya diletakkan diatas buku terbuka yang menggambarkan beliau seorang cendikiawan yang sedang menekuni dan memperdalam ilmu pengetahuan.di tempat ini juga beliau dilahirkan, dan kata seseorang (yaitu kerabat dari Dr.Soetomo) mengatakan bahwa dibawah patung Dr.soetomo itu terdapat ari-arinya. monumen itu dahulunya merupakan rumah neneknya.

Monumen dr. Soetomo berdiri diatas tanah seluas 3 – 4 ha, bangunan yang terdapat dikompleks ini ialah :
1.       Patung dr. Soetomo menghadap keselatan dalam posisi duduk dan sedang membuka buku, terbuat dari semen tinggi keseluruhan lebih 4 Meter, dibawah patung terdapat kata-kata bijak dari dr. Soetomo yang penuh nilai perjuangan. “Di Indonesia tempat kita, Disana tempat berjuang kita, Disana harus ditunjukkan keberanian. keperwiraan dan kesatriaan kita, Terutama sekali kecintaan kita pada nusa dan bangsa. Marilah kita bekerja disana. Ditanah tumpah darah kita”.
2.      Pendopo Induk dengan bangunan berbentuk joglo tanpa dinding berukuran 20 x 20 m, melatar belakangi Patung Utama dr. Soetomo. Bangunannya ini pada hari-hari tertentu dimanfaatkan untuk pertemuan-pertemuan organasasi kepemudaan kegiatan lain. Juga sebagai  tempat rekreasi bagi para pelajar.
3.      Pringgitan jumlahnya ada 2 buah bangunan, masing-masing berukuran 6 x 12 m. Terletak agak kebelakang samping kanan dan samping kiri bangunan Induk. Pringgitan disebelah timur terbuka (tanpa dinding), pringgitan sebelah barat menghadap ke selatan membujur timur barat dipergunakan sebagai museum benda peninggalan dr. Soetomo (dirintis Prof.dr.Moh. Ilias, Kepala UDF Penyakit Kulit dan Kelamin RSUD dr. Soetomo Surabaya). Dari pintu selatan nampak foto  dr. Soetomo berukuran besar terletak diatas buffet, kanan kirinya terletak buku-buku yang berukuran tebal.
4.   Di sebelah selatan monumen Dr. Soetomo + 1 km, terdapat makam khusus keluarga besar R. Singowidjojo. Yang bersemayam dimakam khusus keluarga besar tersebut diantaranya adalah R. Singowidjojo (Eyang kakung Dr.Soetomo), R. AY. Soedarmi Soewadjipoetro (Ibu Dr.Soetomo), R. Hardjodipoero (Paman sekaligus Pendidik Dr.Soetomo), beserta kerabat dekat lain yang masih famili dengan Dr.Soetomo yang telah meninggal seperti Siti Nurjanah, Kyai Bunawi, Sugeng Ari Subuwono. Sedangkan ayah beliau yang bernama R. Soewadjipoetro dimakamkan di Madiun.
Diruangan bagian timur terdapat peralatan praktik  kedokteran penyakit kulit dan penyakit kelamin. Diantaranya:
1.       Trigator, yaitu alat untuk membilas saluran kemih penderita infeksi (1930).
2.      Alat pengobatan listrik untuk penyembuhan penyakit kulit.
3.      Meja (tempat pemeriksa) untuk pasien wanita.
4.      Peralatan medis.
5.      Meja kursi untuk menerima pasien.
6.      Almari untuk menyimpan obat-obatan.
Sebelah barat terdapat foto-foto kenangan dari dr. Soetomo serta foto-foto kegiatan lain yang dimuat dalam majalah dan surat kabar. Di dinding barat diatas rak foto tergantung .
Bangunan Monumen merupakan salah satu bentuk perwujudan dari sebuah penghargaan dari Negara atas jasa-jasa yang telah dilakukan seseorang yang dapat dikategorikan sebagai Pahlawan Bangsa.

Ditulis Oleh : Unknown // 1:13 PM
Kategori:

0 komentar: